Membeli kebahagiaan Anak Di Tanggal Tua ???


Seringkali seseorang bertanya kepada kita bagaimana cara membahagiakan anak atau bahkan kita sendiri yang bertanya kepada diri sendiri bagaimana cara untuk membahagiakan mereka? Seiring dengan perkembangan teknologi alih-alih bermain bersama orang tua, anak lebih banyak berfokus bermain dengan gadget mereka.

Lalu, apa yang dapat membuat anak bahagia?

Kebahagiaan sendiri dapat diartikan sebagai keadaan atau perasaan senang dan tentram yang diinginkan setiap orang sepanjang hidupnya. Tiap orang mengalami perasaan ini bisa berbeda, tergantung pada bagaimana seseorang mengartikan seperti apa kebahagiaan itu.

Salah satunya rasa bahagia ini bisa digambarkan seperti makanan kesukaan, semakin Anda punya banyak, belum tentu selalu membuat Anda makin bahagia. Namun arti kebahagiaan adalah saat Anda dapat memakannya sedikit demi sedikit dan menikmati setiap suapan.

Kebahagiaan sebagai emosi positif yang dirasakan dan aktivitas-aktivitas positif yang disukai oleh seseorang, ditandai dengan lebih banyaknya afek positif dari pada afek negatif. Lalu, apa yang dimaksud dengan afek yaitu seperti :

  1. Afek positif: gembira, riang, senang, bangga, dan lainnya.
  2. Afek negatif: rasa bersalah, malu, sedih, cemas dan khawatir, marah, stress, depresi, dan rasa iri.

Dari hal tersebut dapat kita simpulkan bahwa, alih-alih bertanya bagaimana cara membahagiakan anak? Namun ubah pertanyaan ini lebih ke idealis apa yang harus Anda lakukan untuk menemukan kehidupan yang memang jalan takdir Anda? Mencari pengalaman, pendidikan, mendengarkan nasehat yang positif untuk memperbaiki diri. Ketika kita dapat memperbaiki diri maka energi positif akan semakin banyak dalam diri kita. Energi-energi ini dapat menularkan kepada orang lain yang sering kita temui khususnya anak dan anggota keluarga lainnya. Artinya, untuk dapat membahagiakan anak maka kita perlu bahagia terlebih dahulu. Bahagia agar memiliki manfaat untuk diri sendiri.

Bahagia yang panjang dan tidak ada keterpaksaan. Adapun faktor-faktor kebahagiaan sebagai berikut:

  1. Harta Kekayaan
  2. Pernikahan
  3. Kehidupan Sosial
  4. Usia
  5. Kesehatan
  6. Agama

Berdasarkan grafik di atas dapat diketahui bahwa ada banyak faktor yang mempengaruhi kebahagiaannya seseorang. Mungkin dengan memiliki pekerjaan yang tetap membuat seseorang bahagia namun berbeda dengan orang lain yang membuatnya bahagia adalah ketika dekat Tuhannya. Sehingga, setiap individu memiliki kebahagiaannya sendiri termasuk dengan anak.

Adapun rahasia untuk benar-benar bahagia adalah:

  1. Have a pleasant life,
  2. Have a good life,
  3. Have a meaningful life.

 

“Bake a cake, eat a cake, dan give a cake”

Dari ketiganya manakah yang membuat kita paling bahagia?

Psikolog berpengalaman sebagi mentor sakti guna mengembangkan potensi anda